Kamis, 15 November 2012

Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Campuran Simplisia Utuh[Praktikum Mortum]

Tujuan praktikum kali ini bertujuan agar mahasiswa(i) dapat melakukan analisa kualitatif dan kuantitatif campuran simplisia utuh. Analisa ini terutama diperlukan dalam analisis mutu obat tradisional.

Analisa Kualitatif yaitu suatu analisa untuk mengetahui ada atau tidaknya. Dengan cara mengamati organoleptis atau makroskopik dan mikroskopiknya. Sehingga dapat dipisahkan berdasarkan kelompoknya.

Analisa Kuantitatif yaitu suatu analisa untuk mengetahui berapa banyaknya secara pasti. Dengan cara menghitung dari hasil penimbangan yang telah dilakukan.

Cara kerjanya:
1.      Setelah dipinjamkan alat-alat dan diberikan sampel campuran simplisia utuh. Timbang sampel campuran beserta plastik wadah (Wcamp.)
2.      Lalu pisahkan bagian-bagian dari campuran berdasarkan  organoleptis dan mikroskopiknya. Masing-masing masukkan ke dalam wadah plastik. Lalu timbang masing-masing komponen (Wx)
3.      Timbang wadah sampel campuran simplisia (Wwadah) dan wadah masing-masing komponen (Wy)
4.      Hitung berat bersih campuran simplisia utuh (Wcamp-Wwadah=Wcamp.simplisia) dan masing masing komponen tersebut (Wx-Wy=Wz).
5.      Kemudian hitunglah prosentase kadar masing-masing kompenen penyusunnya.
% komponen =            Wz           x 100 %
                          Wcamp.simplisia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar